Fire Drill Alarm (Simulasi Keadaan Darurat)

Hari Selasa, 24 April 2018, pukul 10.00 , Lokasi PT. Envilab Indonesia, Gresik Jawa Timur.

Ketika itu tiba-tiba terdengar suara alarm kebakaran, baik di lantai 2 dan lantai 1 di kantor kami. Tim HSE berteriak dan menghimbau kepada seluruh karyawan agar dengan segera dan tenang untuk meninggalkan setiap aktivitas yang sedang dilakukan setiap karyawan. Dan kami pun semua melaksanakan arahan dari tim HSE untuk pergi ke area Titik Berkumpul (titik aman) yaitu di depan kantor kami halaman parkir kendaraan motor dan mobil. Beberapa dari karyawan keluar menuju Titik berkumpul melalui 2 pintu keluar yaitu pintu samping dan pintu lobbi depan. Setelah semua berkumpul kemudian tim HSE memberikan penjelasan mengenai kegiatan Fire Drill yang dilaksanakan.

Berikut Penjelasan Fire Drill :

Fire Drill lengkap adalah latihan pemadaman kebakaran agar kita siaga, waspada dan terampil menghadapi kebakaran. Latihan pemadaman kebakaran ini meliputi:

(1) Fire Prevention(Pencegahan),

(2) Fire Repression (Pemadaman),

(3) Fire Evacuation (Evakuasi).

Beberapa alasan tidak dilakukan Fire Drill adalah sebagai berikut:

(1) Terkait dana yang dirasakan mahal,

(2) Banyak waktu terbuang,

(3) Kurang memahami,

(4) Selama ini tidak dilakukan pun aman tidak ada kebakaran.

Tujuan Fire Drill dirancang dan dilakukannya pelatihan adalah agar:

(1) Semua sarana deteksi dan alarm bekerja sesuai ketentuan berlaku,

(2) Sarana pemadam api APAR, sistem siap dan berfungsi,

(3) Penghuni bangunan siaga, waspada bahaya kebakaran dan terampil,

(4) Penghuni bangunan terlatih dapat dengan tenang dan aman keluar gedung bila terjadi keadaan darurat.

Pada dasarnya Fire Drill tidak semata untuk kebakaran. Memahami alur evakuasi dari sebuah bangunan akan membantu manusia pada saat pemadaman listrik, kebocoran gas atau bahan kimia, huru hara, atau keadaan darurat lain di tempat kerja. Dengan Fire Drill memastikan pekerja keluar dari bangunan pada waktu ditentukan dan tahu tujuan ke Tempat Berkumpul (Assembly Area) yang juga akan menolong pekerja yang tak terdata atau tamu pada saat keadaan darurat sebenarnya terjadi.

Uraian perencanaan tugas dan tanggung jawab pada saat keadaan darurat Fire Safety & Evacuation dan latihan berkesinambungan dibutuhkan untuk  memastikan staf  tetap siaga terhadap tugas dan tanggung jawab di bidangnya. Fire Drill menghadirkan kesempatan bagi staf dan anggotanya untuk mendemonstrasikan  dalam suatu simulasi mereka dapat melaksanakan tugas tanggung jawabnya cepat, aman tepat efisien.

Kebakaran adalah salah satu bencana latent yang dapat terjadi setiap saat, dimana pu, dan dapat menimpa siapapun.. NAMUN, MENGAPA BANYAK PERUSAHAAN TIDAK MELAKUKAN FIRE DRILL  SEPERTI DIANJURKAN???

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *